Menanam Cabe Hidroponik

Budidaya tanaman secara hidroponik merupakan salah satu tehnik yang bisa anda lakukan apabila kondisi lahan yang anda miliki sempit. Sedangkan anda sangat ingin bercocok tanam khususnya tanaman ringan seperti cabe, sayuran, dan buah-buahan lainnya. Memang budidaya pertanian sangat menguntungkan jika proses yang dilakukan sangat tepat dan benar. Namun jika tehnik yang digunakan kurang tepat maka tentu saja akan menimbulkan kerugian atau berupa kegagalan.

Budidaya cabe merah juga sangat menguntungkan sekali jika anda tahu bagaimana tehnik yang digunakan. Karena menanam cabe ini tidak bisa sekedar coba-coba, jika anda hanya sekedar siapa tahu untung, maka hal itu tidak akan pernah terjadi. Menanam cabe butuh perhatian dan perawatan khusus, karena kebanyakan tanaman cabe mudah diserang hama dan penyakit. Budidaya cabe merah yang selama ini sering dilakukan oleh petani adalah dengan memanfaatkan lahan atau ladang pertanian yang luas. Memang hasilnya jika berhasil ya cukup terbilang besar, namun resiko kegagalan juga besar. Faktor cuaca dan pengaruh lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan budidaya cabe merah ini.

Namun pada saat sekarang ini sudah berkembang yang namanya budidaya menggunkana tehnik hidroponik, atau biasa juga dikenal dengan istilah green house. Green house merupakan struktur bangunan dengan lingkungan yang tertutup oleh bahan transparan atau (tembus cahaya) yang memanfaatkan radiasi matahari untuk pertumbuhan tanaman. Adapun maksud dan tujuan dari penanaman dalam greenhouse adalah untuk melindungi tanaman terhadap kondisi alam sekitar seperti sinar matahari, suhu udara, kelembaban, angin hujan dan sebagainya.

Jadi budidaya cabe secara hidroponik adalah cara yang sangat dianjurkan terutama bagi anda yang memiliki area lahan yang sempit. Anda bisa gunakan pekarangan anda sebagai rumah tanaman dengan membuat green house atau bahasa indonesianya rumah hijau. Hijau karana didalamnya penuh tanaman yang berwarna hijau. Selain itu, manfaat budidaya hidroponik ini juga akan meningkatkan hasil dan kualitas tanaman cabe merah anda.

Untuk menanam cabe merah secara hidroponik, anda bisa lakukan dengan berbagai macam sistem dan tipe. Salah satunya yang bisa dan sangat mudah untuk anda praktekkan adalah hidroponik sistem wick ( sumbu ) yang mana bahan dari tipe ini sangat mudah dan murah untuk didapatkan. Budidaya hidroponik menggunakan sistem wick ini sangat cocok untuk anda yang masih pemula. Untuk itu sebelum anda menanam cabe hidroponik ini, langkah yang harus anda lakukan adalah anda harus pahami dulu apa dan bagaimana cara menanam hidroponik sistem wick ini. Silahkan anda baca pada artikel saya yang sebelumnya tentangΒ Tehnik Menanam Hidroponik Dengan Sistem Wick.

Tehnik menanam cabe secara hidroponik ini baik itu cabe merah maupun cabe jenis yang lain memang terbilang menguntungkan. Karena jika proses yang anda lakukan itu benar dan tepat, serta dalam perawatan anda paham, bagaimana pemberian nutrisi untuk tanaman cabe hidroponik, sudah pasti hasil penen cabe merah hidroponik anda akan maksimal. Untuk itu silahkan anda coba tehnik menanam cabe secara hidroponik dirumah. Mudah-mudahan berhasil.

Itulah sedikit informasi yang bisa menambah wawasan anda tentang Tips Budidaya Cabe Merah Secara Hidroponik. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s