Inilah Keunggulan Hidroponik yang harus diketahui

Hidroponik merupakan salah satu dari sekian banyak metode dalam bercocok tanam yang sistem penamannya tidak membutuhkan tanah yang luas. Metode hidroponik ini lebih cendrung menggunakan barang-barang bekas seperti botol, sisa paralon, pot dan sebagainya. Meskipun dilihat sepele, namun jangan anda remehkan budidaya menggunakan metode hidroponik ini. Hasil panen yang didapatkan dengan menggunakan tehnik hidroponik bisa jauh lebih unggul dibanding tehnik menanam pada tanah atau lahan langsung.

Sistem budidaya hidroponik atau bisa dikatakan menaman tanpa menggunakan lahan atau tanah sangat cocok dilakukan oleh masyarakat yang tinggal didaerah perkotaan, karena biasanya di daerah perkotaan tidak cukup ruang untuk bercocok tanam secara non-hidroponik. Lahan yang sempit dan rumah saling berdekatan membuat orang-orang yang hidup di lingkungan perkotaan susah jika ingin menanam sayuran maupun buah-buahan. Berbeda dengan masyarakat yang tinggal diwilayah pedesaan, rata-rata masyarakat yang tinggal di pedesaan banyak yang memiliki lahan untuk bercocok tanam. Nah bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan jangan kuatir jika ingin menanam sayuran maupun buah-buahan, anda tetap bisa kok bercocok tanam walaupun dengan kondisi pekarangan yang sempit, yaitu dengan menggunakan Metode Hidroponik. Dengan tehnik tanam hidroponik ini anda bisa menanam sayur, buah-buahan dan sejenisnya dengan mudah tanpa membutuhkan lahan yang luas.

Lalu apa keunggulan dan manfaat menanam Hidroponik yang bisa kita dapatkan? Nah dibawah ini akan saya uraikan beberapa Keunggulan Budidaya Hidroponik.

1. Menghemat lahan atau tempat
Sudah saya katakan diatas tadi bahwa manfaat menanam hidroponik lebih menghemat lahan dan tempat karena tidak membutuhkan banyak ruang. Berbeda dengan menaman yang memfungsikan lahan atau tanah.

2. Lebih tahan terhadap hama dan penyakit
Keunggulan budidaya hidroponik selanjutnya akan membuat tanaman lebih aman terhadap serangan hama dan penyakit. Kita ketahui bahwa hama dan penyakit banyak muncul dari tanah, jadi otomatis jika tanaman tidak hidup ditanah, maka serangan hama dan penyakit tidak mungkin terjadi.

3. Menghemat pupuk dan air
Keuntungan menanam hidroponik ini juga akan  menghemat pupuk dan air karena kebutuhan pupuk dan air lebih sedikit, berbeda dengan budidaya di lahan atau tanah yang jelas membutuhkan banyak pupuk dan air.

4. Ramah lingkungan
Manfaat budidaya hidroponik akan membuat lingkungan menjadi sejuk dan nyaman. Apalagi jika tanaman yang kita budidayakan bervariasi. Didaerah perkotaan yang kebanyakan polusi, dapat dinetralisir dengan adanya tanaman hidroponik ini.

Masih banyak lagi sebenarnya keunggulan menanam dengan cara hidroponik ini,  mudah-mudahan artikel singkat ini menambah wawasan anda semua. Demikianlah sedikit informasi tentang Keunggulan Bercocok Tanam Hidroponik, semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s