Manfaat Pupuk Organik

Pengertian Pupuk Organik adalah pupuk yang terbentuk atau tersusun dari berbagai materi mahluk hidup, bisa berupa penguraian dari pelapukan sisa tanaman, kotoran hewan, manusia, sampah, dan lain sebagainya. Pupuk organik ini bisa terdiri dari pupuk orgnaik cair dan pupuk organik padat. Umumnya penggunaan pupuk organik pada tanaman ini akan mempengaruhi kualitas dari tanaman tersebut dan memberikan dampak yang positif, baik terhadap tanaman itu sendiri, terhadap lingkungan, dan mahluk hidup lainnya.

Pupuk organik ini juga menjadi salah satu pupuk yang sangat direkomendasikan guna menunjang kemajuan dan keberhasilan pertanian. Kalu kita bahas tentang apa keunggulan dari pupuk organik ini tentu sangatlah banyak, dan pada postingan sebelumnya admin juga sudah membahas tentang Keuntungan Penggunaan Pupuk Organik Pada Pertanian dan Perkebunan.

Ketika anda memutuskan untuk memulai budidaya tanaman, sudah tentu anda akan menggunakan pupuk untuk meningkatkan hasil panen dari tanaman yang anda budidayakan. Apakah pupuk yang digunakan itu pupuk organik atau pupuk anorganik atau pupuk kimia. Lantas apakah ada perbedaan antara pupuk organik dengan pupuk anorganik ini. Jelas ada perbedaan pupuk organik dengan pupuk kimia, dan masing-masing dari kedua pupuk tersebut pastinya memiliki kelebihan masing-masing.

Sekarang anda sudah tahu apa saja yang membedakan antara pupuk alami dengan pupuk kimia. Tapi dari pengalaman dan penglihatan kita selama ini bahwa kebanyakan para petani lebih senang menggunakan pupuk kimia dari pada pupuk alami ini. Entah apa yang menjadi alasan mereka kenapa lebih memilih pupuk kimia dari pada pupuk organik. Padahal kalau kita teliti dari segi manfaat untuk jangka panjang, pupuk organik atau pupuk alami ini jauh lebih unggul bila dibanding pupuk kimia. Apalagi penggunaan pupuk kimia dalam waktu yang lama justru akan menimbulkan dampak buruk bagi tanah dan lingkungan.

Jadi kesimpulannya adalah bahwa pengertian umum dari pupuk organik ini adalah pupuk yang terbuat dari bahan-bahan alami yang mana bahan alami tersebut bisa berupa penguraian dari sisa-sisa makanan, kotoran hewan, sampah, dan lain sebagainya. Selain itu pupuk organik ini juga merupakan pupuk hayati yang ramah lingkungan dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang tidak ditentukan. Bahkan jika digunakan secara terus menerus akan membuat tanah semakin subur.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang Pengertian Pupuk Organik dan Manfaatnya Bagi Tanaman. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s